Menjadi Orangtua Kekinian

Menjadi Orangtua Kekinian itu gimana sih?? yuk simak tips tipsnya

Bagaimana menjadi sahabat untuk anak dalam konteks kekinian ? 8 Tips berikut yang perlu kita lakukan ;

“Jika bunda ingin tau cara mendidik anak menurut islam, Yuk gabung di Kelas online parenting bundapedia

  1. Berbagi pendidikan agama yang cukup, belajar bersama, saling menguatkan kepahaman agama masing-masing. Sehingga ketika salah satu melanggar aturan agama, atau melewati batas, tidak akan sungkan saling mengingatkan karena sudah sama-sama tahu.
  2. Saling percaya, bahwa anak akan selalu melakukan yang menurutnya baik, bisa mengukur apa akibat dari keputusannya atau pilihannya. Dengan demikian anak akan lebih banyak belajar berpikir sebelum bertindak.
  3. Menanamkan tanggung jawab dalam kebebasannya, Menghormati dunianya dengan tetap memantau secara positif.
  4. Saling menjaga harga diri, dengan tidak saling mempermalukan, bisa menjaga rahasia masing-masing. Terutama saat anak menghadapi masa-masa sulit.
  5. Percaya akan kemampuan anak, tidak membandingkannya dengan anak lain. Karena setiap individu itu unik, jadi jangan sekalipun menyamakan mereka dengan anak lain.
  6. Saling memberikan anak merasa nyaman dengan memberi ruang privasi. Ada kalanya kita biarkan anak menikmati kesendiriannya. Jangan terlalu turut campur dengan segala sesuatu yang mungkin ingin dirahasiakannya. Meski sebenarnya kita tahu, tidak ada salahnya kita berpura-pura tidak tahu, selama itu hal yang positif. Dengan begitu, anak merasa mempunyai kebanggaan.
  7. Belajar mengerti dunia anak, tidak ada salahnya sebagai orangtua bertanya kepada anak, jadikan anak sebagai informan kita. Dunia anak itu penuh kejutan dan inofatif, karenanya sebagai sahabat, kita wajib tahu apa update terbaru dari dunia mereka. Terkadang, justru anak-anak cepat belajar menangkap hal baru di sekitarnya, makanya kita tidak perlu malu mengakui kalau mereka lebih daripada kita. Contohnya, dunia anak sekarang lebih mengenal minicraf, bukan lagi ultraman, dsb.
  8. Luangkan waktu bersama, hanya berdua untuk bermain bersama dan berbagi rasa. Saat seperti inilah yang disebut “great moment” dimana kita menikmati waktu berdua saja dengan buah hati.

 

Pastilah membahagiakan jika kita bisa menjadi sahabat bagi anak-anak kita. Saling memberi manfaat dan menjaga bersama. Yang jelas, dengan menjadi sahabatnya, kita tidak akan kuper dengan dunia anak. Dan dengan sendirinya kita akan menjadi orangtua yang kekinian, bisa mengimbangi apa yang anak butuhkan. Tidak sekedar ada di sisinya tanpa memahami dirinya secara utuh.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.