5 cara unik agar anak tak susah bangun sahur

Salah satu ujian bagi para orangtua yang mulai mengajarkan anak berpuasa adalah membangunkan sahur. Di jam-jam sahur, biasanya si kecil  masih tidur nyenyak tanpa bisa diganggu. Tapi, saat berpuasa si kecil mau tak mau harus bangun sahur.

Cara membangunkan si kecil sahur bisa sangat berpengaruh pada mood anak saat menjalani puasa. Mood yang sudah terbangun dengan baik sejak sahur akan membuat anak menjalani puasa dengan lebih happy dan tidak banyak rewel.

Ingin tau cara unik agar anak gampang untuk di bangunkan sahur:

 Beri tau anak  jika menu sahurnya adalah makanan kesukaan si kecil

Pada saat malam sebelum tidur, beritau si kecil kalau bunda masak makanan kesukaanmu untuk sahur nanti, agar anak lebih semangat untuk bangun, dan jangan kupa untuk menyiapkan makanannya agar anak tidak merasa terbohongi

Ajak anak memasak makanan yang ia suka

beberapa anak suka untuk diajak ‘bereksplorasi’ di dapur untuk menyelesaikan makanan spesial. Apalagi jika mereka boleh menghias makanan mereka sendiri. Coba ajak si kecil untuk memasak bersama agar suasana sahur lebih menyenangkan.

Ajak Anak Menentukan Jam Sahurnya Sendiri

Bunda juga bisa mengajak si kecil mengatur sendiri jam pada alarm yang akan membangunkan mereka untuk sahur nanti. Sehingga ketika Bunda membangunkannya, si kecil sudah tahu bahwa itulah jam yang ditentukannya sendiri.

Ajak si kecil agar langsung tidur setelah tarawih

Agar si kecil tidak mengantuk saat bangun sahur, usahakan untuk mempercepat waktu tidur dari biasanya. Misalnya, mengajak si kecil untuk langsung tidur setelah tarawih, sehingga jam tidur tetap panjang meski nanti harus bangun dini hari.

Beri Hadiah

Reward atau hadiah juga bisa menjadi semangat bagi anak untuk menjalankan puasa. Berikan hadiah tertentu yang sedang diinginkan anak misalnya jika anak bisa menyelesaikan puasa selama sebulan penuh, atau konsekuensi hadiah yang dikurangi jika ada hari-hari yang bolong.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Bunda terapkan untuk membangunkan si kecil saat sahur agar puasanya lancar seharian.

 ingin tau lebih banyak tentang tips menidik anak?

klik bundapedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.