Buah Kaya Asam Folat sebagai Penambah Darah - Bundapedia



Untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh janin, ibu juga membutuhkan asam folat dari berbagai buah. Ibu dapat mengkonsumsi banyak buah yang mengandung asam folat selama hamil untuk menghindari kelainan anemia megaloblastik pada bayinya. Apa yang dimaksud dengan buah penambah darah ini? Coba lihat ini.



Manggis

Di Indonesia, manggis, yang juga disebut sebagai "ratu buah-buahan", adalah buah tropis yang sangat populer. Misalnya, setiap buah manggis seberat 150 gram mengandung empat puluh hingga lima puluh mikrogram asam folat, yang berguna untuk membentuk sel darah merah janin.

Banyak manggis dibuat menjadi jus, yang praktis untuk dikonsumsi. Ibu dapat membuatnya dengan mencampurkannya dengan buah lain, seperti anggur atau apel.

Selain mengandung asam folat, buah manggis mengandung 450 hingga 500 mikrogram zat besi, yang membantu mencegah anemia yang dapat menyerang ibu saat melahirkan.

Tomat

Ada kadar asam folat antara 4 dan 60 microgram per 100 gram tomat yang telah dikupas kulitnya.

Tomat dengan kandungan folatnya tidak hanya meningkatkan sel darah ibunya, tetapi juga dapat melindungi jantungnya karena sifat folatnya untuk mengimbangi homosistein, suatu protein yang sering menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Ibu hamil yang lebih tua biasanya memiliki beban jantung yang lebih besar karena mereka perlu memberikan lebih banyak darah pada janin dan dirinya sendiri. Ini meningkatkan risiko serangan jantung. Folat dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Buah Naga

Selain itu, buah naga mengandung asam folat, yang telah terbukti berhasil meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan gejala anemia ringan. Selain itu, asam folatnya mematangkan perkembangan organ saraf janin.

Buah ini awalnya berasal dari Meksiko, tetapi sekarang dijual di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Buah ini sekarang sangat disukai oleh banyak ibu hamil karena tidak hanya mengandung folat, tetapi juga mengandung mineral, vitamin C, serat, lycopene, dan nutrisi lain yang baik untuk ibu hamil.

Durian

Mengonsumsi buah durian ternyata dapat membantu Anda menghindari kekurangan asam folat. Jumlah asam folat yang ditemukan dalam setiap 200 gram durian berkisar antara 600 dan 900 gram. Itu hampir sama dengan jumlah suplemen asam folat yang biasa diberikan kepada ibu hamil muda di Indonesia.

Durian dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah Ibu karena mengandung sekitar 0,2 mg zat besi, yang dapat dimakan langsung atau dibekukan. Anda juga dapat mengkonsumsinya sebagai selai atau isian kue.

Semangka

Selain itu, semangka diketahui mengandung asam folat, dengan 15-20 mikrogram folat per potongan daging semangka setiap 500 gram. Karena itu, ibu hamil yang memerlukan banyak nutrisi dapat mengkonsumsi semangka ini untuk menjaga kadar kolesterolnya.

Ibu dapat membuat jus semangka atau membuat salad dengan buah lain setiap hari.

Ternyata buah-buahan juga dapat meningkatkan darah ibu. Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur akan membantu ibu dan bayi menghindari anemia.