Bertentangan Hukum Nikah dengan Beda Agama Usai Viral Rizky Febian dan Mahalini Melakukan Upacara A




Setelah Rizky Febian dan Mahalini mengumumkan rencana pernikahan mereka, banyak orang di media sosial berbicara tentang pernikahan yang berbeda agama. Seperti yang diketahui, Rizky Febian beragama Islam, sementara Mahalini beragama Hindu.



Pihak keluarga kemudian menyatakan bahwa Mahalini akan pindah agama atau menjadi mualaf, memeluk agama Islam, setelah rencana pernikahan tersebut ramai diperbincangkan di media sosial.

Namun, nikah beda agama masih dibahas dan menarik perhatian publik.

Terkait hal ini, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) telah mengumumkan kepada publik bahwa mereka menolak nikah beda agama. PHDI melakukan ini ketika mereka menolak gugatan nikah beda agama di Mahkamah Agung.

Sebuah gugatan meminta pemerintah menerima pasangan non-agama. PHDi berpendapat bahwa tidak ada masalah untuk menerapkan Pasal 2 ayat (1) UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dari perspektif konstitusi. Karena itu, Undang-Undang Perkawinan, terutama yang menekankan pernikahan seagama, telah mengakomodasi peraturan penting dari agama Hindu. Pengantin pria dan wanita harus memeluk agama Hindu selama upacara perkawinan yang didasarkan pada kitab suci Hindu (Kutawa Manawa/Dresta) atau tradisi suci turun temurun.

Jika tidak sama, upacara sudhi vadani harus dilakukan untuk bersaksi kepada Hyang Widhi Wasa sebagai penganut Hindu. Ini juga berlaku untuk hak dan kewajiban pasangan.
Oleh karena itu, vivaha samskara tidak dapat digunakan untuk mengesahkan perkawinan antar agama dalam agama Hindu karena hal itu bertentangan dengan ketentuan yang ditemukan dalam Susastra Veda.
Namun, pasangan suami istri seperti itu dianggap tidak sah dan selamanya dianggap sebagai samgrhana.

Meskipun demikian, Dewan Rohaniawan dan Pengurus Matakin setuju pada 18 November 2014 bahwa Li Yuan, atau upacara pemberkatan, hanya dapat dilakukan untuk pasangan yang beragama Khonghucu. Dengan demikian, Li Yuan tidak dapat dilakukan untuk pasangan yang beragama lain.

Meskipun demikian, ajaran Konghucu tidak dapat mencegah pengikutnya untuk menikah dengan orang yang berbeda agama. Pihak Matakin dapat memberi restu sebagai pengakuan telah melakukan perkawinan, yang merupakan perbedaan agama.

Menurut Konghucu, perbedaan agama, paham, budaya, etnis, dan sosial tidak menjadi penghalang untuk menikah. Selain itu, Konghucu tidak mengajarkan untuk menarik orang lain dari agama lain untuk menganut ajaran mereka.

Mahalini Mualaf

Dilaporkan bahwa penyanyi Mahalini Raharja mengubah keyakinannya. Mahalini menjadi mualaf sebelum pernikahannya dengan Rizky Febian. Sule membenarkan rumor bahwa dia menjadi mualaf atau mengikuti agama calon suaminya, Rizky Febian. Sule mengatakan bahwa calon menantunya, Mahalini Raharja, sudah diizinkan untuk memeluk agama Islam. Izin tersebut datang setelah Mahalini dan Rizky Febian berpamitan di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.

Setelah acara selesai, Sule menulis sebuah video di mana dia menjelaskan detail penting dari proses mepamit Mahalin. Pada saat yang sama, Mahalini juga menerima izin untuk menikah secara agama Islam, agama yang dianut keluarga Rizky Febian.

Kabarnya, Rizky Febian dan Mahalini Raharja akan menikah di Jakarta. Namun, tanggal dan lokasi belum dikonfirmasi.