Adipati Dolken Ungkap Tak Ingin Masukkan Anak ke Sekolah Formal Lebih Pilih Les dan Homeschooling-



Pengakuan mengejutkan datang dari aktor Adipati Dolken. Ia mengaku punya rencana berbeda dari kebanyakan orangtua, yang umumnya lebih memilih anak menempuh pendidikan formal.



Sementara Adipati Dolken sendiri berpikiran mengarahkan anaknya nanti untuk mengambil pendidikan luar sekolah. Hal itu diungkap olehnya ketika menjadi bintang tamu podcast Youtube Kemal Palevi pada Rabu (24/4/2024).

Saat itu, Kemal bertanya apakah sudah memetakan sekolah impian untuk sang anak. Dia dengan lantang sudah mendiskusikan itu bersama istrinya, Canti Tachril.

Pria berusia 32 tahun itu membenarkan ucapannya. Namun, hal itu belum pasti dan bisa berubah kedepannya. Hanya saja, ia merasa yakin dengan hasil diskusi bersama istri. Alih-alih sekolah formal, ia akan lebih mendorong anak ikut berbagai macam kursus.

Untuk pendidikan dasar, Adipati Dolken memilih sekolah di rumah. "Buat basic-nya, kita homeschooling-in," ia menyambung.

Support Apa pun Pilihan Anak
Suami Canti Tachril pun mengaku tidak keberatan kalau anaknya plin-plan dengan pilihannya. Sebagai orangtua, mereka siap beri dukungan terbaik. "Tapi, buat tujuannya, dia maunya apa gitu. Nggak apa berubah-berubah. Kita supply terus, " ucap Adipati Dolken.

Selain itu, ia akan senantiasa mendukung anaknya untuk mencoba hal-hal baru. Dengan begitu anaknya akan menemukan bakat dan minatnya sendiri.

Sosialisasi Nggak Harus di Sekolah
Adipati Dolken juga menjelaskan bahwa kursus bisa membuat anak bersosialisasi. Kalau ingin suasana sama dengan sekolah formal, maka pilih tempat les dengan banyak siswa bukan privat."Sosialisasi bisa di mana aja kan, nggak harus di sekolah," tegasnya.

Di balik pemikirannya itu, ia merasa sekolah formal belum tentu menjamin anak on-point dengan potensinya. "Kalau masukin SD, yang tiba-tiba pelajarannya ada IPA, IPS, PPKN, Agama ini, itu segala macam. Dia nggak bakal suka sama satu, ngerti nggak sih, " tutupnya.