Bahayakah jika Hamil Muda Mengalami Sakit atau Kram Perut-Bundapedia



Hamil muda sering mengalami kram atau sakit perut. Namun demikian, situasi ini tidak boleh dianggap enteng. Karena itu, sakit perut, terutama selama trimester pertama, dapat menunjukkan masalah kehamilan.



Apa yang menyebabkan sakit perut pada wanita hamil muda? Dengan membaca ulasan di bawah ini, mari kita pelajari beberapa penyebab gejala nyeri perut.

1. Gangguan Pencernaan

Sakit perut saat hamil dapat merupakan indikasi gangguan pencernaan. Problem pencernaan mungkin terjadi selama kehamilan.

Jika nyeri perut disertai dengan diare atau muntah, biasanya ini terkait dengan masalah pencernaan.
Jika nyeri perut disertai dengan nyeri otot, sakit kepala, dan demam ringan, segera konsultasikan ke dokter, meskipun mungkin tidak berbahaya.

2. Perubahan Hormon

Peningkatan kadar progesteron dalam tubuh di awal kehamilan dapat menyebabkan kram perut dan nyeri perut. Ketika hormon progesteron terlalu banyak dilepaskan, ini dapat menyebabkan otot pencernaan melambat. Kondisi ini tentunya mempengaruhi pencernaan makanan dan menyebabkan penumpukan di usus. Semakin banyak gas yang menumpuk, perut akan menjadi lebih sakit dan tidak nyaman.

3. Nyeri Ligamen Bundar

Menurut American Pregnancy Association, nyeri ligamen bundar dapat menyebabkan nyeri perut yang intens. Ligamen mulai meregang saat rahim tumbuh di awal kehamilan. Ibu hamil merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Tidak mengherankan bahwa ibu akan sangat sakit.

4. Keguguran

Menurut National Health Service UK, salah satu alasan mengapa wanita hamil muda mengalami masalah perut adalah keguguran.

Menurut Dokter Vita, flek darah dari vagina biasanya disertai dengan sakit perut akibat keguguran. Selain itu, nyeri perut semakin parah dengan waktu.

5. Kehamilan Ektopik

Biasanya, sel telur yang telah dibuahi akan menempel di rahim untuk menghasilkan janin. Namun, dalam kasus tertentu, sel telur ini menempel di luar rahim, seperti di tuba falopi.

Sel telur dapat menempel di luar rahim dan menyebabkan pendarahan. Kehamilan dalam situasi seperti ini tidak dapat bertahan dan harus segera dihentikan untuk menghindari bahaya bagi ibu hamil.

Sebenarnya, kram perut pada wanita hamil adalah normal. Dokter Vita menyarankan untuk beristirahat segera jika Anda hamil mengalami kram perut.

Kunjungi fasilitas kesehatan terdekat segera untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat jika setelah istirahat belum ada perbaikan.