Memilih Baju Menyusui yang Nyaman Saat Memberikan ASI di Publik - Bundapedia



Memilih pakaian menyusui yang tepat sangat penting agar menyusui si kecil lebih mudah dan bunda merasa nyaman dan aman. Dengan demikian, proses menyusui akan berjalan lebih lancar di mana pun si kecil berada.



Untuk memilih baju menyusui, ibu-ibu mungkin merasa bingung, terutama jika mereka baru memiliki anak pertama. Ini karena ada banyak model dan jenis baju menyusui yang tersedia di pasar saat ini, masing-masing dengan berbagai manfaat dan kekurangan.

Tips memilih baju menyusui

Ada beberapa saran yang dapat membantu ibu memilih pakaian menyusui yang sesuai dengan kebutuhan mereka, di antaranya:

1. Pilih baju yang bagian dadanya mudah dibuka

Untuk memilih baju menyusui yang sesuai dengan tujuannya, ibu harus mempertimbangkan akses bukaan payudara. Pilih baju menyusui yang memiliki kancing atau resleting yang membuatnya mudah dibuka dan ditutup. Selain itu, ibu disarankan untuk mengenakan bra khusus menyusui, yang biasanya berukuran lebih besar, tidak ketak, dan memiliki cup bra yang mudah dibuka dan ditutup.

2. Pilih bahan baju menyusui yang sejuk dan nyaman

Bahan baju menyusui yang sebenarnya juga dapat disesuaikan dengan keinginan ibu menyusui. Namun demikian, bunda sangat disarankan untuk memilih pakaian menyusui yang terbuat dari bahan katun yang ringan, sejuk, dan mudah menyerap keringat daripada bahan sintetis yang dapat menahan panas tubuh. Akibatnya, ibu akan merasa lebih nyaman menyusui anaknya.

3. Pilihlah baju menyusui yang tidak terlalu ketat

Bunda harus mempertimbangkan bahan dan ukuran saat memilih pakaian menyusui. Baju menyusui yang terlalu ketat tidak baik untuk ibu menyusui karena tekanan dari bra dan baju menyusui dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan pada payudara. Bahkan baju menyusui yang terlalu ketat dapat menyebabkan saluran ASI tersumbat dan infeksi payudara yang dikenal sebagai mastitis. Ini tidak berarti ibu tidak dapat memilih model baju menyusui yang mereka inginkan. Namun, ibu harus berhati-hati agar ukurannya tidak terlalu sempit.

4. Pilih baju menyusui dengan motif atau warna gelap

Jika produksi ASI si kecil cukup, ibu akan senang. Namun, produksi ASI yang berlebihan, bahkan hingga bocor, akan meninggalkan bekas yang dipakai. Selain itu, kondisi ini dapat menyebabkan ibu merasa iri atau malu. Akibatnya, ibu menyusui harus memilih baju menyusui berwarna gelap atau bermotif untuk menghindari kebocoran ASI yang mungkin terlihat. Jika ibu dapat menggunakan bantal payudara, juga disebut bantal payudara, untuk mencegah asi yang bocor masuk ke pakaian. Untuk menjaga keamanan, ibu juga dapat membawa bra, pakaian tambahan, selendang, atau jaket.

Berikut ini ada beberapa contoh bantalan payudara yang dapat bunda beli secara online:

- Mama pad breast pad isi 56 pads
- Mama pad breast pads 1 piece

Memilih baju menyusui yang tepat untuk Bunda dapat membantu memilih yang nyaman dan cocok untuk Bunda. Memilih baju menyusui yang tepat tidak hanya membuat Bunda lebih mudah memberikan ASI, tetapi juga dapat membantu Bunda menyusui dengan lebih nyaman.