Inilah Beberapa Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui - Bundapedia



“Selain telat datang bulan, ada beberapa tanda kehamilan yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah terjadinya perubahan payudara akibat pengaruh hormon.”



Bundapedia—Bagi pasangan yang menikah dan mengharapkan anak, memiliki buah hati tentu menjadi anugerah. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan jika Anda saat ini menantikannya. Tidak datang bulan adalah salah satu tanda kehamilan.

Namun demikian, situasi ini tidak dapat digunakan sebagai referensi utama. Karena itu, masih ada beberapa tanda kehamilan yang harus diperhatikan. Seorang wanita mungkin tidak menyadari bahwa dia hamil karena tanda-tanda ini.

Kira-kira apa saja tanda-tanda yang benar? Informasi dapat ditemukan di sini.

Beberapa Tanda Wanita Hamil

Ini adalah beberapa tanda hamil yang harus Anda perhatikan:

1. Perubahan Payudara

Saat hamil, sensitivitas payudara meningkat. Ini tidak berbeda dengan PMS. Meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron akan menyebabkan pembesaran payudara. Puting susu akan membesar dan menjadi lebih gelap. Hormon HPL (Human Placental Lactogen) juga bekerja saat kehamilan. Ini adalah hormon yang dibuat tubuh untuk mempersiapkan ASI.

2. Munculnya Flek Darah

Selama implantasi, embrio menempel pada dinding rahim. Sebelum siklus menstruasi yang akan datang, bercak darah ini muncul. Bercak darah atau flek ini biasanya muncul antara delapan dan sepuluh hari setelah ovulasi. Bercak darah kehamilan biasanya disebut darah haid.

3. Mual & Muntah (Morning sickness)

Sekitar lima puluh persen wanita mengalami muntah dan mual karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) di awal kehamilan. Hormon ini menimbulkan perih pada lapisan perut, menyebabkan rasa mual, yang biasanya hilang setelah trimester kedua. Peningkatan hormon ini dapat diamati melalui urin. Ini adalah alasan penggunaan alat tes kehamilan pada urin.

4. Sering Buang Air Kecil

Selama kehamilan, janin menekan kandung kemih ibu, yang menyebabkan lebih sering buang air kecil. Selain itu, sirkulasi darah meningkat, yang menyebabkan kandung kemih penuh dengan urin lebih cepat. Agar tubuh tidak dehidrasi, usahakan untuk tidak menahan atau membatasi buang air kecil.

5. Rasa Lelah Berlebihan

Perubahan hormon menyebabkan ibu hamil merasa lelah dan sering mengantuk. Ini juga disebabkan oleh peningkatan fungsi organ penting seperti jantung, ginjal, dan paru-paru. Selain itu, organ dalam tubuh ibu berpartisipasi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin.

6. Sembelit

Sembelit terjadi ketika otot rahim dan dinding usus mengendur karena hormon progesteron meningkat. Dengan demikian, penyerapan nutrisi menjadi lebih baik saat hamil.

7. Hidung Tersumbat

Ibu hamil dapat mengalami pembengkakan selaput lendir hidung karena peningkatan kadar hormon dan produksi darah. Selain itu, selaput lendir akan mengering dan mudah berdarah, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat atau berair.

8. Peningkatan Sensitivitas

Ibu hamil dapat mengalami pembengkakan selaput lendir hidung karena peningkatan kadar hormon dan produksi darah. Selain itu, selaput lendir akan mengering dan mudah berdarah, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat atau berair.

Untuk mengetahui kehamilan secara tepat, tak ada cara yang lebih pasti dari tes yang dilakukan oleh dokter.

Ada juga beberapa individu yang tetap menggunakan tes kehamilan alami, seperti menggunakan jadi. Lihat artikel berikut: Akuratkah Tes Kehamilan dengan Jari? untuk mengetahui kebenarannya. Itu benar. Alat yang tersedia di apotek dapat digunakan untuk melakukan tes kehamilan, tetapi pemeriksaan di dokter dan tes USG adalah cara terbaik untuk melakukannya.