Cara Mengajari Anak TK

5 Cara Mengajari Anak TK Yang Dapat Orang Tua Lakukan Sendiri

Anak adalah pembelajar yang ulung. Mereka dapat dengan mudah meniru apa saja, khususnya pada masa golden age, yaitu usia 0-6 tahun. Itulah sebabnya, tak butuh waktu lama bagi anak untuk menguasai keahlian tertentu atau meniru hal-hal yang ia dengar atau lihat.

 

Pada masa ini, anak akan mulai bersekolah di Taman Kanak-kanak (TK). Menurut UU Permendiknas No. 146, usia ideal masuk TK adalah 4 tahun. TK merupakan masa persiapan sebelum menduduki bangku Sekolah Dasar (SD). Di TK, anak mempelajari banyak hal penting, terutama kemampuan bersosialisasi, berinteraksi dengan orang lain, dan disiplin.

 

 

5 Cara Mengajari Anak TK

Nah, bagi Anda yang berperan sebagai pendidik atau orang tua, berikut beberapa cara mengajar anak TK secara efektif dan optimal.

 

Optimalkan Aktivitas Berbahasa Lisan

Dikutip dari maitlandmontessori.org, ada beberapa cara terbaik untuk mengajar anak usia 3 hingga 6 tahun. Salah satu di antaranya adalah memaksimalkan aktivitas berbahasa secara lisan atau berbicara dengan kosa kata yang diketahuinya. Bahasa lisan dianggap sebagai fondasi atas semua ekspresi berbahasa anak pada kemudian hari.

 

 

Sebaiknya, pada usia ini, anak didorong untuk lebih banyak berbicara dengan teman sebaya. Ketika ia mendengar orang lain menggunakan kata-kata tersebut, ia pun akan belajar lebih banyak. Selanjutnya, anak dapat melangkah ke titik berikutnya yaitu membaca.

 

Gunakan Seni sebagai Ekspresi Diri

Pada konsep pendidikan Montessori, seni bukanlah sebuah mata pelajaran. Seni justru merupakan bagian dari ekspresi diri yang melengkapi kegiatan eksplorasi anak. Materi tentang musik dan seni sebaiknya diikutsertakan dalam materi pelajaran dan lingkungan belajar anak. Dengan demikian, seni dan musik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari anak pada usia TK.

 

Ajarkan Keahlian dalam Menjalani Kehidupan Sehari-hari

Biasanya, anak-anak balita dan usia prasekolah senang meniru kebiasaan orang dewasa serta ingin ikut serta dalam kegiatan sehari-hari. Ini bukan hal yang negatif. Bahkan, anak harus diberikan kesempatan untuk mempelajari keahlian-keahlian tersebut agar kelak ia bisa menjalani kehidupan dengan baik.

 

Beberapa contohnya adalah menyapu, memoles, menuangkan cairan, menggosok, dan membersihkan. Tidak perlu menuntut anak untuk melakukannya dengan sempurna, cukup berikan ia penghargaan sederhana saat berhasil menyelesaikannya. Kecepatan juga bukan nilai utama, tetapi lebih pada usaha dan niatnya. Mengajarkan anak keahlian-keahlian dasar ini akan memantik anak supaya semakin mandiri dan percaya diri.

 

Maksimalkan Kemampuan Sensorinya

Salah satu hal yang perlu dimaksimalkan pada anak adalah kemampuan sensorinya. Perlu disadari, dunia ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari warna, bentuk, ukuran, suara, rasa, dan bau. Memiliki pengalaman dengan semua jenis tersebut akan melatih kreativitas anak pada masa depan.

 

Oleh karena itu, pendidik perlu memilih atau menyiapkan beberapa bahan tertentu yang mencakup seluruh informasi tersebut. Dengan mempelajari hal ini, anak akan terlatih mengklasifikasi dan memahami dunia di sekitarnya.

 

Menghitung Benda-benda Konkret

Cara mengajari anak TK untuk berhitung adalah dengan menggunakan benda-benda konkret, seperti roti yang ia makan, binatang yang ia lihat, atau anggota tubuhnya.

 

Pada usia prasekolah, anak sebenarnya sudah memiliki insting untuk menghitung. Biasanya, anak akan menghitung apa saja yang ada di sekitarnya. Nah, jadikan hal ini sebagai cara untuk mengajar anak dengan baik.

 

Selain peran guru di sekolah, orang tua juga perlu ikut mendampingi anak ketika belajar. Dengan demikian, pendidikan yang diterimanya di sekolah semakin sempurna. Dukungan orang tua lainnya adalah dalam bentuk memberikan makanan yang bernutrisi kepada anak.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Paling Banyak dicari:

  • cara mengajar anak tk islam
  • Cara agar anak tk nur
  • cara membimbing anak masuk TK
  • mendidik anak t k
  • tk islam anak pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.