cara mengajar anak Paud TK SD agar pembelajaran berjalan baik

cara mengajar anak paudcara mengajar anak Paud TK SD agar pembelajaran berjalan baik efektif dan menyenangkan adalah hal penting untuk guru. Maka dalam kesempatan kali ini  akan sharing sedikit inspirasi tentang bagaimana sih cara-cara atau langkah-langkah yang bisa guru lakukan ketika mengajar anak Paud TK SD agar pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan tentunya mencapai hasil belajar yang memuaskan. Berikut ini ulasannya.

 

Semua Berawal dari Menciptakan Suasana Pembelajaran (Learning Conditioning)

Langkah paling awal untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektif adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan nyaman bagi siswa maupun guru. Bagaimana cara-nya? Berikut kami jabarkan langkah-langkah konkretnya.

 

“Mendidik anak adalah hal terpenting bagi orang tua, tetapi mendidik anak perlulah ilmu untuk mendidik anak, Untuk itu Yuk Ikuti Kelas Online Parenting Bundapedia

Pengkondisian Ruang Belajar

Ruang  belajar bisa dianalogikan sebagai sebuah kolam. Jika kolam itu kotor dan tidak ada sirkulasi udara yang baik maka ikan bakalan tidak nyaman. Begitu juga dengan ruang belajar,jika ruangan tidak kondusif maka kegiatan belajar yang efektif tidak akan terwujud. Lalu bagaimana teknik pengkondisian ruang belajar agar guru dapat mengajar dengan efektif? Check this out!

  • Pastikan ruang kelas (ruang pembelajaran) dalam kondisi bersih dan rapi sehingga konsentrasi pembelajaran tidak pecah hanya karena adanya kotoran atau barang berserakan yang mengganggu pandangan.
  • Lengkapi ruang kelas dengan media-media yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Secara tidak langsung hal ini membuat anak antusias.
  • Penataan tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan di hari itu. Seringkali di beberapa sekolah penataan tempat duduk tidak berubah selama bertahun-tahun. Bayangkan saja jika anak SD selama 6 tahun tempat duduknya “gitu-gitu aja”, apakah tidak bosan? Tentu bosan. Satu yang bisa guru terapkan adalah mengubah posisi penataan tempat duduk di kelas secara berkala.
  • Perhatikan sirkulasi udara dan memberi cukup parfum untuk meningkatkan kesegaran udara di kelas. Karena tentunya jika di kelas terdapat bau yang tidak sedap pasti akan mengganggu kenyamanan belajar.
  • Pembelajaran tidak akan membosankan jika kelas di dekorasi dan dihias dengan berbagai hiasan kelas dan dekorasi kelas yang menarik. Guru bersama dengan siswa dapat menggunakan dekorasi kelas dan hiasan kelas yang beragam. Seperti hiasan dari kertas origami, kertas crap, balon, sedotan, poster, dan lain sebagainya.

Kelas Online Parenting Bundapedia Adalah Platform untuk belajar para bunda bunda cerdas yang ingin mengubah metode mendidik mereka”

Pengkondisian Kesiapan Psikis Siswa untuk Belajar

Pengkondisian kesiapan psikis anak sangat penting untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif. Karena jika ketika dari awal kondisi psikis anak kurang baik, maka sia-sia saja semua materi dan nilai yang guru ajarkan dan tanamkan kepada siswa. Entah dikarenakan dari awal siswa tidak semangat belajar, entah siswa sedang memiliki beban pikiran, entah siswa sedang merasakan kesedihan, entah siswa ada rasa takut / kurang percaya diri, hal ini akan menghambat proses belajar siswa di kelas. Lalu bagaimana step-step pengkondisian kesiapan psikis siswa untuk belajar? Berikut ini tips nya.

  • Mengajak siswa untuk bersama-sama berdoa dan sampaikan juga urgensi dari berdoa.
  • Memulai pembelajaran dengan sedikit joke/humor untuk memantik senyum dan tawa siswa. Karena rasa gembira diawal pembelajaran punya peran penting dalam membangun antusias dan minat belajar siswa
  • Sharing and Caring. Sesi “berbagi cerita” juga bisa diimplementasikan di pra-pembelajaran. Melalui kegiatan berbagi cerita, uneg-uneg/beban pikiran/kesedihan/rasa takut dll dalam diri siswa dapat tercurahkan sehingga selanjutnya akan bisa focus untuk belajar.

Pengkondisian Kesiapan Fisik Siswa untuk Belajar

Fisik juga perlu dikondisikan agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Jika sebelum belajar siswa terlihat kurang focus, mengantuk, loyo dll maka siswa tersebut akan sulit menangkap pengetahuan yang akan dipelajari. Berikut ini langkah-langkah pengkondisian kesiapan fisik siswa sebelum belajar.

  • Mengajak siswa untuk bernyanyi. Bisa menyanyikan lagu nasional, lagu daerah maupun lagu anak-anak. Dengan bernyanyi, semangat siswa akan mulai terbangun.
  • Mengajak siswa untuk meneriakkan yel-yel. Tujuannya sama dengan bernyanyi, yakni untuk menumbuhkan semangat.
  • Asah konsentrasi siswa dengan kegiatan variasi tepuk yang di acak. (tepuk tunggal ganda trio, tepuk cepat lambat, tepuk lembut keras, tepuk diam dll)
  • Asah konsentrasi siswa melalui kegiatan gerakan acak (marina menari, pegang hidung mata bibir dahi dagu, kepala pundak lutut kaki dll)
  • Mengajak siswa untuk mengatur nafas panjang dan dan nafas pendek.
  • Mengajak siswa untuk gerak dan lagu (chicken dance, topi saya bundar, dll)

 

Pengkondisian Minat Belajar Siswa

Pengkondisian minat belajar siswa penting dilakukan untuk membangun konsistensi keefektifan proses pembelajaran. Berikut step yang bisa guru lakukan.

  • Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama proses pembelajaran. Dengan ini siswa akan bisa membayangkan apa yang akan dilakukan selama proses pembelajaran nanti.
  • Guru menyampaikan alasan mengapa perlu mempelajari materi dan tujuan setelah mempelajari materi yang akan dibahas. Dengan begitu siswa akan mengetahui pentingnya mempelajari materi yang diberikan oleh guru. Sehingga harapannya siswa akan termotivasi untuk belajar.
  • Guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan variatif. (diskusi, kuis,simulasi,bermain peran,presentasi,pengamatan,penilaian antar teman,lokakarya,field trip,studi literasi,e-learning, dll)
  • Guru menyajikan media pembelajaran yang menarik dan variatif. (media pembelajaran interaktif, media pembelajaran berbasis audio, media visual, media audio visual, dll)

Pengondisian Antusias Siswa di Tengah Pembelajaran

Terkadang beberapa siswa akan merasa bosan, letih, atau mengantuk di tengah kegiatan belajar mengajar. Maka langkah yang bisa diterapkan guru adalah sebagai berikut.

  • Guru kembali menumbuhkan focus belajar dengan kegiatan saling sapa (Hai Helo, dll)
  • Guru menginstruksikan siswa untuk saling pijat pundak dengan teman disampingnya secara bergantian.
  • Guru mengajak siswa meneriakkan tepuk/yel-yel semangat.
  • Guru mengajak siswa ke luar kelas sejenak untuk mengamati lingkungan sekitar (bisa dengan memberi penugasan yang melibatkan kegiatan pengamatan lingkungan sekitar)
  • Guru mengajak siswa melakukan games/kuis yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Pengkondisian Akhir Pembelajaran

Pengkondisian di akhir pembelajaran juga harus diperhatikan oleh guru agar pengetahuan yang telah diperoleh oleh siswa tidak terlupakan begitu saja. Berikut tips pengkondisian di akhir pembelajaran.

  • Guru mengajak siswa untuk mereview ulang apa saja yang sudah dipelajari selama proses pembelajaran.
  • Guru meminta siswa untuk menuliskan apa saja hal-hal menarik dari kegiatan yang sudah dilakukan.
  • Guru memberi apresiasi kepada siswa atas proses belajar yang telah dilaksanakan.
  • Guru mengadakan tebak tepat untuk memancing ingatan siswa tentang materi yang sudah dipelajari.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Paling Banyak dicari:

  • metode belajar yang variatif untuk siswa yang bandel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.