cara mendidik anak usia 5 tahun

cara mendidik anak usia 5 tahun memang tidak dapat disamakan dengan mendidik anak yang sudah mulai tumbuh besar. Tahap perkembangan anak usia 5 tahun harus dilakukan dengan sikap yang sabar dan harus disesuaikan dengan perkembangannya. Berikut ini beberapa cara mendidik anak usia 5 tahun yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  1. Curahkan kasih sayang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberinya kasih sayang yang tulus kepada mereka ketika mendidiknya. Memberikan kasih sayang merupakan cara yang tepat bagi Anda dalam mendidik anak usia 5 tahun. Bersikaplah sabar ketika menghadapi anak yang rewel dan juga bandel. Jangan mudah marah dan juga memukul anak, karena hal ini akan mengakibatkan anak mengalami tekanan yang nantinya akan menghambat perkembangannya.

“Jika Bunda memiliki buah hati usia 5 tahun, tapi bungung cara mendidik anak usia 5 tahun, Kami ada solusinya loh bun, Yuk ikuta Kelas Online Parenting Bundaepdia

  1. Berikan pujian ketika ia berhasil

Memberikan pujian tentunya bukanlah perkara yang sulit bagi Anda. Anak akan merasa dihargai ketika ia mendapatkan pujian setelah melakukan hal kecil sekalipun. Untuk itu, jika anak Anda melakukan sesuatu yang positif dan berhasil melakukannya, sebaiknya berikanlah pujian dan penghargaan kepadanya meskipun dengan acungan jempol dan juga perkataan pujian lainnya. Cara tersebut tentunya akan membantu anak Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri di dalam dirinya. Satu kata pujian akan menjadi motivasi yang cukup besar bagi mereka dan akan selalu ingat sampai beranjak dewasa.

  1. Ajarkan tentang agama

Ini dapat disebut sebagai poin yang sangat penting bagi Anda dalam mendidik anak usia 5 tahun. Pendidikan agama memang sangat penting dan menjadi pendidikan dan pembentukan karakter bagi anak. Meski usia yang masih terbilang sangat kecil, namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk sedikit demi sedikit mengerti akan prinsip agama yang diajarkan oleh orangtuanya. Dengan memberikan pendidikan agama tentunya memberikan arah yang positif bagi mereka. Orangtua dengan prinsip agama yang kuat serta mendidik anaknya dengan benar, maka secara otomatis akan melekat pada diri anak tersebut prinsip agama dengan kuat ketika ia mulai beranjak dewasa.

“Kelas Online parenting Bundapedia, Tidak hanya membahas tentang cara mendidik anak usia 5 tahun saja, Tetapi membahas tentang cara mendidik anak dari sejak dalam kandungan hingga menuju baligh lhi bun, Cara ikutnya KLIK DISINI

  1. Berbicara dengan nada yang lembut

Seorang tentunya tidak ingin mendapatkan teguran dari orangtuanya meskipun ia telah berbuat salah. Untuk itu, penting bagi Anda untuk bersikap dan juga berkata lembut kepada anak ketika anak Anda melakukan kesalahan. Usahakan Anda untuk menahan emosi supaya tidak mengatakan sesuatu yang buruk dan juga jelek pada anak. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada anak Anda nantinya. Cara menegur anak yang tepat adalah dengan berbicara secara perlahan dan juga lemah lembut.

  1. Berbicara dengan kata-kata yang baik

Jika Anda ingin anak Anda memiliki tingkat perkembangan yang memadai, sebaiknya cara berbicara dan juga perkataan di dalam keluarga harus menggunakan kata-kata yang baik dan juga positif. Jika Anda sekeluarga kerap berbicara dengan kata-kata yang tidak baik atau kasar, tidak menutup kemungkinan bahwa anak Anda kelak akan berbicara dengan kata-kata yang kasar. terlebih jika Anda ingin menyuruhnya untuk membereskan mainan, alangkah baiknya untuk selalu menggunakan kata-kata yang baik dan kalimat yang positif. Jangan berbicara yang akan terkesan seperti menegur atau menyuruhnya dengan paksa.

  1. Tunjukkanlah perbuatan baik untuk orang lain

Orangtua dapat dikatakan sebagai cerminan sikap anaknya. Sangat penting bagi orangtua untuk menunjukkan perbuatan baik untuk orang lain. Ajarkan kepada anak bagaimana pentingnya berbuata baik kepada orang lain. Bersikap ramah serta tolonglah orang lain ketika mereka membutuhkan bantuan. Panutan terbesar bagi mereka adalah orangtuanya sendiri.

  1. Berikan dukungan kepada anak

Tahap perkembangan usia anak 5 tahun dapat disebut dengan masa dimana anak banyak melakukan eksplorasi dan juga rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitarnya. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memberikan dukungan kepada anak dengan melihat kemajuan dan perkembangan pada anak. Amatilah perkembangan pada anak. Jika si kecil sudah dapat melakukan hal-hal yang lebih dari masanya, sebaiknya Anda memberikan dukungan padanya supaya dapat mencapai perkembangan yang ia inginkan.

  1. Ajarkan kedisiplinan pada anak

Pendidikan karakter yang satu ini memang harus Anda ajarkan kepada anak Anda. Hal ini sangat berkaitan dengan kebiasaan yang akan ia lakukan nantinya. Jika kita tidak mengajarkan sikap yang disiplin pada anak, kemungkinan ia tidak akan dapat menghargai waktu dan juga kesempatan dengan baik. Cara mengajarkan disiplin pada anak dapat dengan melakukan hal yang sangat sederhana seperti mengatur waktu bermain, tidur dan juga mandi pada jam yang sama. Dengan begitu mereka akan terbiasa melakukan hal tersebut ketika ia sudah beranjak dewasa.

  1. Jangan menakut-nakuti anak

Satu kesalahan ini kerap dilakukan oleh sebagian besar orangtua ketika mendapati anak yang rewel dan juga bandel. Usahakan jangan menakut-nakuti anak dengan sesuatu yang dapat membuatnya menjadi enggan untuk melakukan sesuatu. Banyak para orangtua yang menakuti anaknya dengan hantu, hewan dan juga semacamnya. Efek yang timbul dari suka menakut-nakuti anak kelak mereka tidak mempunyai rasa percaya diri dan juga takut untuk mencoba hal-hal baru.

  1. Jangan memberikan ancaman

Sekalipun anak Anda bandel, janganlah sekali-kali untuk memberikan ancaman keras kepadanya supaya mereka menurut pada Anda. Memberi ancaman justru akan membuatnya sulit untuk mengembangkan pola berpikir yang cukup kritis dan juga anak akan takut untuk melakukan sesuatu apapun. Jika memang ingin membuat anak menurut pada kita, Anda harus tegas dan memberinya konsekuensi ketika ia melakukan perbuatan yang tidak diinginkan oleh orangtuanya. Misalnya, jika tidak mau makan atau mandi, maka jatah bermain akan dikurangi selama satu hari.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.