Cara Mendidik Anak Laki Laki Ala Rasulullah

cara mendidik anak laki laki ala RasulullahCara Mendidik Anak Laki Laki Ala Rasulullah – Anak merupakan karunia besar dari Allah SWT. Sudah kewajiban orang tua untuk mendidiknya dengan baik. Pola asuh orang tualah yang nantinya dapat menjadikan masa depan anak menjadi lebih baik. Doa dan usaha orang tua dapat mengantarkan anak menuju kesuksesan. Orang tua perlu membimbing dan memperkuat karakter anak sesuai kodrat masing-masing. Anak laki-laki dan perempuan mempunyai keistimewaan baik fisik maupun psikis. Mendidik anak laki-laki sedikit berbeda dengan cara mendidik perempuan. Pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi para calon orang tua yang menginginkan anaknya lelakinya menjadi anak yang bermanfaat untuk banyak pihak. Dibawah ini cara mendidik anak laki-laki sesuai dengan Rasulullah.

“ingin tau cara mendidik anak ala rasulullah??Yuk ikuti kelas Online Parenting bundapedia”

  1. Memilih Calon Istri dan Ibu yang Baik

Sebagaimana hukum sosiologi yang berlaku umum menyatakan bahwa keluarga adalah agen sosialisai utama bagi anak, maka Islam telah jauh lebih dulu menyatakan bahwa keluarga, terutama seorang ibu, adalah sebagai madrasah alias sekolah pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu, jika ingin memiliki keturun yang baik, termasuk anak laki-laki yang suatu saat bisa menjadi kebanggan maka dimulai dari siapa ibunya.

Islam selalu menerapkan paham kepantasan. Maka untuk mendapatkan pasangan yang mengerti cara mendidik anak laki laki yang baik, teruslah perbaiki diri agar suatu saat pantas mendapatkannya.

  1. Mendoakan dan Memberi Nama yang Baik

Salah satu doa yang dapat kita lakukan adalah dengan memberinya nama yang baik sesuai syariat. Adapun nama-nama yang baik tentu saja datangnya dari Al-Qur’an. Selain itu bisa juga orang tua mengambil nama dari Nabi atau para sahabat yang dekat dengan Allah dengan harapan anak-anak kita kelak akan menjadi orang yang sama dekatnya dengan Allah sebagaimana para Nabi dan sahabat. Cara Mendidik Anak Laki Laki Ala Rasulullah yang kali sangat recomendeet bagi bunda

kelas online parenting adalah platform untuk belajar para bunda cerdas, agar bisa mendidik anak agar sesuai yang di ajarkan Rasulullah, Cara Ikutnya Klik Disini

  1. Rajin Menceritakan Kisah Teladan

Selain dengan memberikan nama yang baik, salah satu cara mendidik anak laki laki yang benar dalam Islam tentu saja dengan membiarkan mereka semakin merasa dekat dengan tokoh-tokohnya sehingga menimbulkan rasa cinta dan mendorongnya untuk memiliki akhlak sebagaimana idolanya yang biasa kita ceritakan.

Oleh karena itu jika para orang tua masih menceritakan Kancil dan Buaya atau kisah super hero fiksi yang berasal dari barat maka mulai sekarang gantilah dongeng sebelum tidur anak kita dengan kisah teladan Nabi dan sahabat-sahabatnya yang memberikan keteladanan.Cara Mendidik Anak Laki Laki

  1. Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Laki-laki adalah khalifah, para pemimpin. Maka sejak dini para orang tua harus senantiasa menanamkan jiwa pemimpin sebagai salah satu cara mendidik anak laki laki kita. Selain dengan tujuan agar anak memahami perannya sebagai seorang laki-laki, anak pun sedari kecil akan tumbuh sikap mandiri dan tegas pada tempatnya.

Salah satu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kemandiriannya misalnya, bisa kita mulai dari membuatnya gemar berolah raga sedari kecil. Olah raga yang dilakukan bisa apa saja, terutama ketiga olah raga sunah Rasulullah yakni berkuda, memanah, dan berenang.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Ala Rasulullah

  1. Tunjukkan Afektifitas

Ada sebagian orang tua, terutama pihak ayah, yang kadang segan untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya sebagai salah satu cara mendidik anak laki lakinya dengan alasan bahwa anak laki-laki tidak perlu diperlakukan dan dimanja sebagaimana anak perempuan.

Siapa bilang yang boleh dimanja hanya anak perempuan? Rasulullah SAW sering menunjukkan rasa kasih sayangnya pada anak-anak laki juga. Kepada Hasan bin Ali, misalnya, Rasulullah SAW menggendong dan mencium cucu kesayangannya itu. Atau kisah-kisah lain yang menunjukkan betapa Rasulullah SAW mencintai anak angkat dan cucu angkatnya yang keduanya juga merupakan laki-laki yakni Zaid bin Harithah dan Usamah bin Zaid.

Rasa kasih sayang yang ditunjukan inilah yang akan membangkitkan rasa percaya diri anak laki-laki kita. Jadi jangan segan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada anak laki-laki kita selama dalam taraf wajar dan bisa dimaklumi.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Ala Rasulullah

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Paling Banyak dicari:

  • cara mendidik anak yang super nakal di madrasah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.