Cara Mendidik Anak Balita menrut islam

Cara mendidik anak balita, sangat lah perlu untuk di perhatikan sejak dini, Dimana bayi besar ini sedang mencoba mengenal seperti apa yang harus dilakukan olehnya dan bagaimana menghadapi atau memberikan respon pada lingkungan serta teman disekitarnya. Nah, balita memang acapkali menjadi usia yang paling membahagiakan orang tua.

Dengan sikap sangat menggemaskan seringkali anak tersebut dimanja sehingga menyebabkan beberapa balita menjadi dewasa dengan cara yang salah. Untuk itulah mendidik anak balita sangatlah sulit, selain karena balita masih meniru mereka juga masih bingung membedakan benar dan salah. Balita seringkali lebih memilih melakukan yang mereka sukai dibandingkan aturan boleh atau tidak ataupun benar dan salah. Lantas bagaimana mendidik anak balita dengan tepat, artikel ini akan membahas :

Cara mendidik anak balita sejak usia dini menurut islam dan sejak usia dini

1). Baca Cerita

Menurut seorang pakar pendidikan, Dr.Rosmarie Truglio, membaca dapat membuat anak mencintai buku, menambah perbendaharaan dan kemampuannya dalam kosa kata serta mengembangkan keterampilannya dalam berbahasa.

Tidak ada alasan terlalu dini untuk membacakan cerita bagi anak. Sekarang ini sudah banyak buku-buku yang baik dengan warna dan gambar menarik untuk dibacakan pada anak. Bacakan suatu cerita setiap hari. Baca dengan intonasi dan ekspresi seperti kita sedang bermain drama. Seperti yang dikatakan mereka akan lebih mudah belajar menggunakan imajinasi dan hal lainnya dibandingkan aturan, pepatah dan hal yang menguras otak mereka.

“Bagi bunda yang menginginkan lebih banyak lagi Tips mendidik anak, yuk ikuti Kelas Online Parenting Bundapedia

2). Belajar Sambil Bermain

Bermain memanglah ranah mereka, namun jika bisa menyelipkan unsur pelajarannya kenapa tidak. Hal ini berkaitan dengan belajar sambil bermain lebih mudah dimengerti oleh anak balita. Beli huruf abjad yang terbuat dari plastik dan simpan di kamar mandi. Setiap kali mandi, perkenalkan huruf baru dan lakukan berulang-ulang hingga anak hafal. Atau tempelkan di pintu kamar, di pintu kulkas dan tempat yang mudah terlihat oleh anak. Dengan cara itu, pelan-pelan anak akan mulai belajar adanya hubungan antara berbicara dan menulis di dalam bahasa. Selain itu anak balita akan mensugestikan bahwa belajar bukanlah hal yang buruk dan membosankan.

3). Jaga Kesehatan Balita

Para ilmuwan dari University of Illinois berhasil membuktikan adanya korelasi antara kesehatan dengan prestasi anak di sekolah. Ajari anak untuk berolahraga, menjaga kebersihan dan beri makanan yang sehat dan gizi yang terpenuhi. Apa hubungannya kesehatan dengan mendidik ? anda mengajarkan kesehatan maka anda mengajarkan bagaimana hidup yang baik pada balita anda.

Tak jarang karena menyepelekan hal ini maka sang anak jadi sulit makan sayur, jajan junk food dan itu berlanjut sampai besar sehingga anak tersebut mengalami masalah kesehatan. Itulah yang disebut menjaga kesehatan dalam mendidik anak balita.

“Di kelas online parenting Bundapedia, bunda akan mendapatkan berbagai tips dan konsultasi cara mendidik anak sejak usia dini hingga mendidik anak menuju baligh”

4). Batasi Televisi

Membiarkan anak banyak menonton TV merupakan cara mendidik anak yang salah. Banyak menonton TV membuat anak menjadi malas. Selain itu pengaruh acara TV yang negatif akan meresap pada anak. Beri anak jadwal nonton TV dalam sehari sekitar 2 jam saja, itu menurut para ahli psikologi anak. Televisi sebenarnya musuh semua anak bahkan orang dewasa, tak hanya anak balita saja. Bahkan diabetes bisa datang dari sebuah televisi.

 

5). Jadi Sahabatnya

Balita seringkali bertanya hal-hal yang mungkin sebenarnya dilarang atau belum waktunya. Perkecil menunjukkan sikap menggurui kepada anak, bersikaplah sebagai seorang sahabat dekatnya. Jadilah tempat curhat yang nyaman, sehingga permasalahan anak tidak akan disampaikan kepada orang yang salah, yang akhirnya akan memberikan solusi yang salah pula.Dengan begitu mereka tidak akan salah menanyakan pertanyaan, terutama pada objek atau orang yang salah. Orang tua berkewajiban 100% untuk mempertanggungjawabkan pendidikan balita atau anaknya.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk para bunda dan juga saya, Jika anda menginginkan lebih banyak lagi tips dan ilmu mendidik anak mari ikut Kelas Online Parenting Islami, disana bunda akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang mendidik anak dan cara mengatasi masalaha masalah pada anak yang mungkin bunda belum tau Tips dan Triknya, Buruan Klik Link berikut Untuk mendapatkan Ilmu Lebih Lanjutnya Link Pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.