Berikut cara mendidik anak balita aktif

Berikut cara mendidik anak balita aktif

Bunda , anak aktif itu enggak selamanya buruk lho! Anak aktif hanyalah memiliki energi lebih untuk mengekspresikan dirinya. Untuk itu, salurkanlah energi yang ada di dalam dirinya menjadi hal positif dan bermanfaat. Nah, begini tips mengasuh anak aktif agar menjadi lebih produktif!

anak soleh

1. Ajak Anak Bergerak ataupun Bermain Aktif

Usahakan agar latihan fisik seperti bergerak dan bermain aktif menjadi rutinitas anak sehari-hari. Hal ini penting bagi anak untuk mengurangi stres atau gelisah yang dirasakan serta membakar energinya. Selain itu, bergerak aktif secara rutin yang membuat tubuh anak tetap sehat dan menjadi kebiasaan yang dilakukannya hingga beranjak besar.

2. Berikan Anak Tanggung Jawab

Di usia balita, si kecil memang belum memahami betul apa itu tanggung jawab. Namun, kamu bisa mengenalkannya bentuk tanggung jawab terlebih dahulu. Misalnya, saat membagi tugas pekerjaan rumah, ikut sertakan si kecil melakukan beberapa tugas ringan, seperti membuang sampah. Beritahu si kecil bahwa ia harus membuang sampah setiap hari, karena itu sudah menjadi tugasnya. Usahakan si kecil melakukannya dengan senang hati ya, Bund ! cara mendidik anak balita aktif

3. Ajak Si Kecil Menekuni Hobi Tertentu

Menekuni hobi adalah salah satu cara untuk membuat anak yang aktif menjadi lebih produktif. Kamu bisa mengenalkan kepada anak beragam hobi yang menuntut keaktifan, misalnya art & craft, berolahraga, berkemah, berenang, musik dan sebagainya. Selain bisa membakar energi, jenis hobi ini bisa melatih kemampuan fisik dan kecerdasan anak.

pola asuh

4. Batasi Gadget dan Menonton Televisi

Cobalah biasakan si kecil untuk tidak bermain gadget dan menonton televisi dalam waktu yang lama setiap hari. Konon, anak-anak yang lebih suka bermain gadget dan menonton televisi cenderung lebih gelisah daripada mereka yang tidak. Selain itu, anak yang aktif yang lebih banyak menonton televisi di siang hari kemungkinan sulit tidur di malam hari dan hal itu bisa mengganggu kesehatannya.

5. Kotor? Siapa Takut!

Sebenarnya enggak semua anak berani kotor dan orangtua pun khawatir apabila anak-anak mereka bermain lumpur. Tapi, jangan takut bund. Bermain outdoor dan kotor-kotoran merupakan salah satu jurus dalam menstimulasi kemampuan anak. Selain itu, merupakan salah satu cara yang baik untuk membakar energi dalam dirinya.

anak soleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.