Cara Mendidik Anak 2 Tahun Yang benar

Bagaimana cara mendidik anak 2 tahun?

Cara mendidik anak 2 tahun – Sudah bukan rahasia lagi bila anak 2 tahun sering bikin orangtua frustasi. Kita kadang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tingkah laku mereka.

 

Di satu sisi, kita tahu bahwa mereka baru belajar mengeksplorasi lingkungannya, dan mempelajari sebab akibat dari semua tindakannya. Tapi di sisi lain, si batita ini, tingkahnya sering membuat kita pusing kepala dan bingung karena tidak tahu cara menghadapinya.

anak soleh

Tapi jangan menyerah Parents, ada banyak tips yang bisa dicoba. Di bawah ini, adalah 10 ulah balita yang paling umum, dan cara mendidik anak usia 2 tahun yang paling jitu.

 

10 Ulah si “terrible two” dan cara menghadapinya

  1. Bila rumah tiba-tiba sepi

 

Balita selalu membuat suasana ricuh dengan teriakan, tantrum, ataupun tawanya yang lucu. Namun bila suasana tiba-tiba sunyi, waspadalah. Coba segera tengok apa yang sedang ia lakukan.

 

  1. Toilet kini menjadi tempat favorit “menyimpan” mainan

 

Apakah si Kecil senang memasukkan apapun ke dalam lubang WC?

 

Ketika mencoba potty training, batita belajar, bahwa “sesuatu” bisa menghilang di lubang toilet. Hal ini membuat mereka begitu tertarik untuk melemparkan atau membuang mainan ke dalamnya.

 

Jadi, tutuplah pintu kamar mandi, simpan nomor penyedot WC karena bisa saja toilet tiba-tiba mampet.

anak soleh

  1. Semua milikku!

 

Jujur, hal yang satu ini sering bikin frustasi bukan? Bagi batita, “berbagi” berarti “Jika aku ingin benda itu, maka itu milikku.”

 

Ia tak perduli bahwa benda tersebut bukan miliknya, berada di rumah siapa, dan kapan saja. Karena itu bijaklah pada saat mengajari pentingnya berbagi pada si kecil. Batita bisa jadi sangat keras kepala (dan kadang kasar), apalagi jika harus berbagi sama rata.

 

Lalu bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun untuk berbagi? Cobalah untuk lebih sering berbagi makanan atau apa saja milik Parents.

 

Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan bagaimana mereka bersikap.

 

  1. Air mata buaya si Kecil

 

Berapa lama Orang tua bisa hidup saat melihat mata si kecil, yang mengalir di pipinya yang gemuk (meski tidur bolak balik melirik tv), dan mulut yang tak berhenti merengek?

 

Awas hati-hati, semua itu adalah jebakan agar kita luluh dengan aturan yang sudah dibuat. Berusahalah untuk menegaskan, meskipun kedua bibirnya telah melebar ke samping, siap menangis. Anak-anak butuh paham kedisiplinan, dan kita harus tetap tegas saat diperlukan.

pola asuh

  1. Benda kecil dan benda-benda malah jadi favoritnya

 

Rasa ingin tahu mereka tinggi. Benda-beda yang dilarang, seperti pisau, parutan, gunting berujung runcing, yang ingin diraihnya.

 

Demikian pula dengan benda-benda kecil. Mereka senang memasukkannya ke mulut, hidung, atau telinga.

 

Jadi, berhati-hatilah selalu. Jangan pernah kehabisan mereka tanpa pengawasan. Saat memilh mainan, misalnya lego, pilihlah yang butirannya besar-besar.

 

 

 

  1. Mereka suka hadiah dan “sogokan” kecil

 

Cari tahu apa yang menjadi kesukaan si kecil, lalu sediakan di rumah (tapi tetap sembunyikan). Gunakan materi atau makanan favorit untuk sesi yang membujuk atau memberikan hadiah saat ia bertindak baik.

 

Reward dan punishment sudah bisa diterapkan sebagai salah satu cara mendidik anak 2 tahun.

 

  1. Mereka selalu berubah

 

Seminggu kemarin mungkin mereka hanya ingin makan buah dan yogurt untuk cemilan, tapi hari ini tiba-tiba dari aku ingin jus dan donat, dan perpaduan yogurt dan potongan buah.

 

Keinginan si Dua Tahun memang tidak bisa diprediksi, jadi fleksibel-lah mereka. Dibanding marah-marah karena sudah membeli yogurt yang banyak, lebih baik bereksperimen saja dengan mencampurkannya pada jus yang sedang ia sukai.

 

Konsistensi pada batita memang tidak bisa diharapkan, selalu bersiaplah untuk hal-hal yang tak terduga.

 

  1. Mereka selalu berkata “Tidak”

 

Mereka gemar sekali berteriak “Tidak!” Atau “Ngga mau!” … Tapi akhirnya kita akan menyadari, bawah teriakan-teriakan bahwa yang mengasah kita menjadi orang yang lebih baik.

 

Cara mendidik anak 2 tahun penuh dengan “seni”. Kadang-kadang kita harus sedikit demi satu aturan yang kita buat sendiri, atau kadang-kadang menjadi sangat tegas. Pintar-pintarlah bersikap sesuai dengan uang.

 

  1. Semua benda menjadi mainannya

 

Ketika si kecil mulai belajar berjalan; kita melindungi semua orang yang berbahaya dari jangkauannya. Orang yang sekarang sudah lebih tinggi dan sudah bisa membuka pintu lemari dan kulkas sendiri.

 

Panci pindah ke kamar tidur, sisir tiba-tiba ada tiada lagi bukan hal aneh lagi bagi Anda.

 

Sabarlah Orangtua, proses melukis mereka belajar dan mengeksplorasi dunia di sekitarnya.

 

  1. Anda adalah segalanya untuk mereka

 

Batita adalah peniru ulung, dan Anda-lah panutan utama bagi mereka. Jadi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita untuk belajar, agar si Kecil tidak meniru hal-hal buruk yang kita lakukan.

 

Segera pindahkan saluran TV bila mendapatkan adegan buruk yang bisa ditiru balita.

 

Orang tua, semoga berbagai cara mendidik anak selama 2 tahun dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.