7 Tips Mudik Nyaman Bersama Anak-Anak

Mudik Bersama Anak – Perjalanan mudik bersama anak jadi moment yang menyenangkan. Hangatnya kebersamaan di dalam mobil tentu saja jadi hal paling utama. Selain itu, perjalanan bersama anak-anak juga dapat membuat kita lebih dekat.

Namun perlu dicatat, jika mudik lebaran bersama anak-anak dan menempuh perjalanan jauh, maka dibutuhkan berbagai persiapan agar mereka tetap merasa nyaman.

Karena itu, berikut ini tips agar tetap nyamana berkendara bersama anak ala Daihatsu, antara lain:

1. Tempatkan anak pada kursi bagian belakang

Apapun jenis mobil yang digunakan nanti, sebaiknya letakan anak-anak di kursi baris kedua demi keselamatan dan keluarga.

Jangan pernah membiarkan anak-anak duduk di baris depan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Karena jika mereka sudah merasa bosan, maka mereka dapat mengganggu yang sedang mengemudi.

Akan lebih baik jika menggunakan car seat untuk anak agar anak tetap aman dan nyaman saat perjalanan.

2. Sediakan ruang untuk gerak anak

Anda pasti tahu kalau anak-anak tetap aktif bergerak meskipun di dalam mobil kan? Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan.

Mobil tipe MPV akan jadi andalan saat melakukan perjalanan jauh. Selain sangat nyaman karena memiliki head room yang tinggi, leg roomnya yang lega terutama di baris kedua menjadikan anak-anak lebih leluasa untuk bergerak.

3. Utamakan peralatan anak untuk dibawa

Bawalah barang-barang penting yang dibutuhkan anak seperti tisu kering, tisu basah, botol minum, boneka atau kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan.

Anda juga bisa membawa buku bacaan anak dan download games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan jauh. Bisa juga mengoleksi lagu-lagu anak agar mereka merasa nyaman saat perjalanan.

4. Sedia P3K & obat untuk anak

Kotak P3K biasanya hanya berisi obat-obatan untuk dewasa. Jika mudik bersama anak-anak, pastikan juga membawa obat-obatan untuk anak-anak seperti obat penurun panas, termometer, plester luka, minyak telon hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap memiliki imun yang kuat saat kelelahan selama perjalanan mudik.

Jangan lupa juga membawa obat anti mabuk untuk berjaga-jaga jika anak merasa mabuk saat perjalanan. Jika anak terlalu banyak makan dan terlalu lama bermain gadget bisa menyebabkan mabuk.

5. Buat alas tidur yang nyaman untuk anak

Meskipun dalam perjalanan jauh, maka tetap harus menyediakan alas tidur yang nyaman untuk anak selama perjalanan. Setidaknya anak-anak bisa bersandar dan tidak terbentur pintu atau jendela kendaraan.

Bawalah bantal yang nyaman serta selimut yang tipis agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Pastikan kondisi pendingin kendaraan berfungsi agar anak-anak tidak kepanasan.

6. Sewa stroller di tempat tujuan

Jika memang bagasi mobil sudah penuh, jangan paksakan untuk membawa stroller. Segera browsing internet untuk menemukan dan menyewa stroller di tempat tujuan.

Dengan begini jadi lebih mudah dan ringkas karena bisa disewa harian sesuai dengan kebutuhan dan tidak memakan space bagasi.

7. Siapkan kegiatan seru selama menempuh perjalanan panjang

Jika mobil sudah dilengkapi dengan fasilitas hiburan, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Ketika anak-anak sudah bosan, tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka. Film animasi super hero, Disney, Pixar dan Dreamworks bisa menjadi referensi untuk diputar selama perjalanan.

Namun, apabila belum dilengkapi fasilitas tersebut, bisa juga menyiapkan games, kartu permainan dan nyanyian anak-anak. Dengan begini anak akan menjadi lebih nyaman saat perjalanan dan tidak mudah merasa bosan.

mudik bersama anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.